RESIKO KEMATIAN DINI SERING MAKAN DAGING OLAHAN

Diposkan oleh arti hidup on Selasa, 02 Juli 2013

Daging olahan (processed meat) seperti sosis, kornet, bacon, dan daging burger mudah kita temukan di pasaran. Bisa jadi bahan makanan tersebut juga termasuk dalam santapan kita sehari-hari. Hati-hati, karena penelitian menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi daging olahan bisa menyebabkan kematian dini!. Daging olahan biasanya terbuat dari kombinasi sisa bagian tubuh hewan yang tak dapat dijual seperti potongan daging yang bagus, misalnya steak. Sisa-sisa daging tersebut banyak mengandung lemak, termasuk kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh arteri.

Menurut riset berskala besar yang dilakukan oleh peneliti dari 10 negara Eropa, daging olahan merupakan kambing hitam dari satu dari 30 kematian. Mereka menarik kesimpulan ini setelah menanyai 450.000 peserta studi yang sebagian besar berasal dari Inggris.

Peneliti memantau kondisi kesehatan para partisipan selama rata-rata 13 tahun. Sebanyak 26.344 peserta meninggal saat penelitian masih berjalan. Setelah diteliti, risiko kematian 44% lebih tinggi pada orang-orang yang menyantap daging olahan dalam jumlah paling banyak.

Selain itu, peserta yang paling banyak mengonsumsi daging olahan, yakni lebih dari 160 gram atau tiga sosis per hari, 72% lebih tinggi risikonya meninggal akibat penyakit jantung. Penelitian tahun lalu juga menemukan bahwa konsumsi 50 gram daging olahan sehari meningkatkan kemungkinan kanker hingga seperlimanya.

"Pria dan wanita yang banyak mengonsumsi daging olahan, risiko kematian dininya tinggi. Khususnya terkait penyakit kardiovaskular dan kanker," ujar peneliti seperti diberitakan situs Daily Mail (07/03/13).

Kesimpulan studi yang dimuat di jurnal BMC Medicine ini adalah, batasan konsumsi 20 gram daging olahan sehari akan mencegah sekitar 20.000 kematian dini di Inggris setiap tahun. Bagaimanapun juga, menurut Tracy Parker, mereka yang paling banyak menyantap daging olahan juga memiliki gaya hidup yang tak sehat.

"Mereka mengonsumsi buah dan sayur lebih sedikit, serta cenderung merokok, sehingga berdampak pada hasilnya," ujar wanita yang berprofesi sebagai ahli diet di British Heart Foundation ini.

Selain itu, pola makan seimbang juga sangat penting bagi kesehatan. "Jangan khawatir makan bacon sandwich, Anda tak akan mati karenanya. Namun, jangan memakan empat bacon sandwich setiap hari seumur hidup Anda," tegas Profesor Karol Sikora, spesialis kanker Inggris sekaligus anggota Meat Advisory Panel.

 

Sumber:http://food.detik.com/read/2013/03/07/140417/2188523/900/konsumsi-daging-olahan-tingkatkan-risiko-kematian-dini?d991101284

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar